Select Page

Karimunjawa adalah sebuah pulau yang ada di Indonesia yang begitu indah dan sudah terkenal hingga mancanegara, dengan keindahan biota laut dan juga pemandangan yang sangat menyejukkan mata, tentunya menjadi destinasi wajib bagi para wisatawan, bahkan dijadikan spot foto yang instagramabel banget deh. Kepulauan Karimunjawa terletak di provinsi Jawa Tengah yang berada di wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dan termasuk salah satu taman laut paling indah di Indonesia.
Daya tarik utama wisata di Karimunjawa adalah banyaknya pulau-pulaunya yang memiliki pemandangan dan suasana yang sangat indah, apalagi spot bawah lautnya yang berisi arang2 indah yang memanjakan mata para pecinta snorkling ataupun diving. Kawasan pesisir pantainya juga memiliki ombak yang cenderung sangat tenang dengan warna biru alami dan akses mudah untuk adventure ataupun jalan-jalan. Tak salah jika pulau-pulau di Karimunjawa sebagai spot terbaik di Jawa Tengah untuk snorkeling dan diving mania.
Jumlah pulau yang ada di Karimunjawa ada sekitar 27 pulau yang bisa kalian singgahi ataupun untuk liburan / menginap disana. 5 diantaranya merupakan pulau yang berpenghuni yakni Pulau Karimunjawa, Pulau Genting, Pulau Parang, Pulau Nyamuk, dan Pulau Kemujan. Ada banyak spot wisata menarik yang dapat kita kunjungi di Karimunjawa. Berikut ini beberapa 13 spot wisata populer dan instagramable yang bisa kamu kunjungi.

 

 

1. Pantai Batu Topeng

Pantai Batu Topeng adalah salah satu pantai yang berada di kawasan Pulau Karimunjawa. Pantai Batu Topeng juga termasuk salah satu spot wajib yang ramai dikunjungi disini. Dengan pemandangan bibir pantai yang indah dan juga memiliki gubuk tua sebagai spot foto yang bisa kamu abadikan. Disekitar Pantai Batu Topeng juga terdapat batu-batu berwarna hitam yang menjadi ciri khas penamaan pantai ini dan juga cocok kamu abadikan lho.
Untuk mencapai ke sana, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Karimunjawa. Pantai ini berada persis di sebelah utara Pantai Tanjung Gelam. Namun, kamu harus hati-hati, karena akses jalan ke Pantai Batu Topeng masih berupa tanah dan belum dibangun jalan. Jadi, akan sangat licin jika dilalui setelah hujan turun.

 

 

2. Pantai Barakuda

Pantai Barakuda

Pantai Barakuda merupakan sebuah pantai yang berada di Pulau Kemujan. Pantai ini memiliki pemandangan yang sangat cantik dengan adanya kapal kapal yang berlabuh yang sangat cocok kamu jadikan latar belakang untuk spot foto. Pulau ini termasuk pulau berpenghuni dengan fasilitas yang cukup lengkap. Tersedia resort / penginapan yang bisa kamu pesan untuk menikmati malam di sini sehingga pastinya kamu bisa leluasa untuk menikmati keindahan alam disana.

 

 

3. Pantai Legon Lele

Pantai Segon Lele

Pantai Segon Lele juga menjadi spot destinasi di Karimunjawa  jangan sampai kamu lewatkan. Di sekitar Pantai Sengon Lele terdapat banyak sekali gundukan pasir di tengah laut yang bisa disebut gosong oleh masyarakat sekitar, gosong inilah yang menjadi salah satu primadona di Karimun Jawa. Pemandangan pantai ini juga tidak jauh berbeda dengan kebanyakan pantai yang ada di Karimunjawa yaitu memiliki ciri khas berpasir putih dengan air laut yang jernih serta ombak yang sangat tenang.

 

 

4. Penangkaran Hiu Hijau di Pulau Menjangan Besar

Salah satu kegiatan menarik dan menjadi salah satu ikon wisata yang bisa kita lakukan di Karimunjawa adalah berenang dengan segerombolan ikan hiu lho gengs. Gerombolan hiu ini akan menjadi teman bermain kamu disini dan tentunya sangat memacu adrenalin kamu untuk mencoba kegiatan ini. Tapi kamu jangan khawatir karna hiu-hiu disini termasuk kategori jinak dan ada petugas yang menjaga kamu saat berenang bersama hiu-hiu nan cantik ini. Meskipun kita tahu hiu merupakan predator karnivora (yang memakan daging) dengan ukurannya juga yang relatif besar, selama penangkaran ini dibuka tidak pernah ada terjadi kejadian yang tidak diinginkan yang tentunya ngeri banget untuk kita bayangin ya gengs.Tapi kamu juga perlu waspada saat berenang bersama mereka ya sehingga tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tunggu apalagi gengs buruan kesini untuk tantang nyalimu berenang dengan hiu-hiu disini.

 

 

5. Hutan Mangrove di Pulau Kemujan

Selain pantai, di kawasan pesisir Pulau Kemujan kita juga dapat mengunjungi tempat lain yang tidak kalah menarik yakni Hutan Mangrove. Di kawasan Hutan Mangrove di Pulau Kemujan ini terdapat track kayu sepanjang sekitar 2 km yang bisa digunakan para pengunjung untuk menikmati keindahan kawasan Hutan Mangrove. Jika sedang beruntung, kita juga akan bertemu dengan beberepa spesies binatang yang hidup di kawasan Hutan Mangrove.

 

 

6. Pantai Ujung Gelam

Pantai Tanjung Gelam merupakan pantai di Karimunjawa yang sangat terkenal di Karimunjawa yang memiliki spot pemandangan sunset yang sangat indah. Cocok banget buat kamu yang ingin dapat spot sunset terbaik untuk kamu bagikan di media sosial. Pantai ini juga sering banget lho dijadikan spot prewedding bagi sebagian pasangan karna memang terkenal romatis banget. Jika masuk penghujung hari, pemandangan matahari tenggelam di pantai ini terlihat begitu memikat dan sangat indah cocok untuk kamu jadikan destinasi penutup hari ketika berlibur disini. Tidak perlu khawatir disana juga banyak sekali penginapan dan villa resort yang bisa kamu pesan untuk beristirahat dan melanjutkan perjalanan wisatamu keesokan harinya.

 

 

7. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana merupakan pantai terpanjang yang dimiliki oleh Kepulauan Karimunjawa. Lokasi pantainya berada di sisi sebelah timur Pulau Karimunjawa dan sangat mudah diakses. Suasana di pantai ini sendiri tak jauh beda dengan beberapa pantai lain di Karimunjawa, dengan ciri khas pemandangan pasir putih serta air laut yang jernih dan tenang. Ciri khas yang dimiliki pantai ini adalah banyaknya keberadaan pohon kelapa yang tumbuh di pinggir pantai, cocok banget buat habiskan harimu disini bersama rombongan teman kamu.

 

 

8. Bukit Love

Bukit Love

Keindahan pemandangan pantai dan suasana tropis yang ditawarkan oleh Karimunjawa menjadikannya sebagai salah satu tempat favorit pasangan muda untuk berbulan madu dan mengabadikan momen keromatisan mereka. Jika kamu pergi ke Karimunjawa bersama pasangan kamu, salah satu tempat yang wajib untuk kalian kunjungi adalah Bukit Love (Bukit Cinta). Bukit ini berada di Dusun Jatikerep, Desa Karimunjawa. Di puncak bukit ini ada sebuah tugu bertuliskan kata “LOVE” yang bisa kamu abadikan bersama pasangan kamu dan kamu unggah ke semua media sosial kamu.

 

 

9. Alun-alun Karimunjawa

Jangan heran lho di Pulau Karimunjawa juga memiliki alun-alun yang tentunya wajib kamu kunjungi jika malam tiba. Disini kamu bisa menikmati wisata kuliner dan juga pertunjukan yang biasanya dilakukan saat event-event tertentu. Alun alun Karimunjawa terkenal akan kuliner seafood mereka yang sangat wajib kamu cicipi. Disini tersedia berbagai macam olahan makanan laut yang tentunya sangat sayang jika kamu lewatkan. Disekitar alun alun juga tersedia villa  dan penginapan yang bisa kamu sewa untuk beberapa hari ketika berlibur disini.

 

10. Pantai Annora

Pantai Annora terletak di Dusun Cikmas, Pulau Karimunjawa, Kepulauan Karimunjawa. Pantai yang memiliki banyak ayunan ini cukup unik dan cukup lengkap, pasalnya pantai ini juga mempunyai “gosong” dan bukit indah dengan view luas.
Pantai Annora terletak diujung utara pulau Karimunjawa yang berbatas dengan pulau Kemujan, disekitar Pantai Annora juga terdapat Pantai Yamin dan Pantai Kemloko.
Pantai Annora memiliki luas yang lumayan besar karena memiliki 2 pantai yang dipisahkan oleh bukit yang menyimpan view indah untuk melihat Pantai Annora dari atas. Pantai ini sepertinya belum menjadi milik perseorangan / grup ( semoga tidak di jual ) karena masih sangat alami dan potensi pantai ini cukup besar untuk menjadi idola baru di Karimunjawa.

 

11. Bukit Joko Tuwo

Dari atas ketinggian sekitar 150 mdpl bukit ini tersaji pemandangan indah pulau-pulau yang ada di kawasan Karimunjawa seperti Pulau Menjangan Kecil dan Besar. Sajian matahari tenggelam di kala senja menjadi sajian penutup hari di bukit ini. Inilah Bukit Joko Tuwo, bukit di kawasan Karimunjawa dengan titik pemandangan alam yang menawan.
Untuk bisa menginjakan kaki di Bukit Joko Tuwo, pengunjung harus berjalan kaki. Jarak dari titik awal Alun-Alun sekitar 3 Km dengan jarak tempuh kurang lebih 15 menit. Jalur perjalanan yang menanjak dengan pepohonan rindang di sekelilingnya memberikan kesegaran dan kesejukan tersendiri selama perjalanan menuju Bukit Joko Tuwo. Dalam perjalanan menuju Bukit Joko Tuwo, pengunjung akan melewati Flower Hill Karimunjawa yang bisa dijadikan tempat untuk beristirahat di saat lelah berjalan kaki.
Selain sajian pemandangan, di Bukit Joko Tuwo kita juga bisa melihat tulang ikan paus yang memiliki panjang sekitar 12 meter yang terletak di sekitar perbukitan. Kerangka ikan paus ini oleh warga sekitar terkenal dengan nama Joko Tuwo. Sekilas, bila dilihat kerangka ini mirip dengan kayu pahatan buatan manusia, namun kerangka ini merupakan asli kerangka ikan paus. Pengunjung juga dapat melihat tasbih berukuran raksasa yang memiliki berat sekitar 1 ton. Sampai kini warga di sekitar Karimun Jawa masih memperbincangkan mengenai keberadaan tasbih yang terbuat dari bebatuan alam ini.

 

12. Pulau Cemara Besar

Mungkin masih banyak dari anda yang belum tahu dengan Pulau Cemara Besar, Pulau tersebut sebenarnya masih satu kawasan dengan kepulauan Karimunjawa, di Utara Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah. Pulau Cemara Besar tidak kalah menariknya dengan Pulau – pulau lain, Pulau yang satu ini juga menawarkan keindahan yang sangat mempesona.
Pulau Cemara Besar ini memiliki air laut yang jernih, pantai berpasir putih, dan disepanjang pesisir pantai ditumbuhi oleh pohon cemara membuat Pulau tersebut masuk dalam daftar wisata terindah di Jawa Tengah. Penamaan pulau diambil dari sebuah lahan seluas lebih dari 3 hektar yang ditumbuhi oleh pohon cemara yang sangat lebat, sehingga Pulau tersebut dinamakan Pulau Cemara Besar.

 

13. Pantai Bunga Jabe

Pantai Bunga Jabe tidak asing dengan nama “Bunga Jabe” berada di Keluharan Kemujan Dusun Telaga, letaknya berada di ujung utara Karimunjawa, jarak tempuh untuk menuju ke sana kurang lebih 30 menit dari Karimunjawa menggunakan motor. Cari lokasinya gampang, karena Bunga Jabe berada di belakang Bandara Dewadaru, ada plang dipinggir jalan yang mengarah ke Bunga Jabe.
Bagi yang senang melihat sunrise tempat ini sangat cocok menikmati sunrise dipagi hari, lokasinya berada tepat didepan pantai dan menghadap ke arah timur, baru bangun tidur langsung disuguhkan dengan terbitnya matahari. Hayoo siapa yang ingin kesana,asikk loh,,
nah yang suka jogging, bisa loh jogging dipinggir pantai, pantainya bersih dan sangat menyenangkan, bisa juga ngopi-ngopi dipinggir pantai, atau mau hammockan juga bisa.

 

Nah itulah beberapa spot destinasi wisata menarik yang sangat banget jika kamu lewatkan ketika berkunjung di Karimunjawa.

 

sumber : https://www.yukpiknik.com

Pin It on Pinterest

Share This