Select Page

Indonesia merupakan negara kepualaun terbesar di dunia. Selain pesona alamnya yang unik, Indonesia juga terkenal akan prestasi atlet-atletnya dalam perlombaan internasional. Indonesia juga pernah mendapat julukan Macan Asia. Siapa sajakah atlet Indonesia yang sukses mengharumkan nama bangsa? Simak ulasannya berikut.

 

1. Chelsia Monica Ignesias Sihite

Chelsie Monica Ignesias Sihite adalah salah satu pecatur putri terbaik indonesia kelahiran Balikpapan tanggal 2 November 1995. Prestasi Chelsia mengikuti ajang kompetisi catur dunia sangat membanggakan Indonesia. Ternyata Indonesia juga memiliki bakat-bakat pecatur muda dunia yang sangat menjanjikan.

Pada World Junior Chess Championship 2012 Girls Under 20 di Yunani, Chelsie yang turun sebagai unggulan 24 (elo raing 2162) tampil mengesankan dengan finis pada urutan kedelapan dengan poin 8,5/13 dan rating performance 2319. Hasil ini diperoleh dari delapan kali menang, satu kali seri, dan empat kali kalah dari (WGM Kashlinskaya Alina (2391), WFM Kulon Klaudia (2259), WIM Arabidze Meri (2379) dan IM Bodnaruk Anastasia (2414)). Namun, gadis ini tampil sangat mengejutkan karena menumbangkan beberapa pecatur yang ratingnya jauh lebih tinggi seperti WGM Goryachkina Aleksandra (2361), WGM Vojinovic Jovana (2337) dan WIM Schut Lisa (2305). Dengan hasil ini Chelsie mendapat tambahan elo rating 41,8. Pada Olimpiade Catur 2012 di Istanbul, Turki, Chelsie mendapatkan norma grandmaster pertamanya.

 

2.  Irene Kharisma Sukandar

Cewek kelahiran Jakarta 7 April 1992 ini menjadi pecatur Indonesia pertama yang berhasil menyandang gelar Grand Master Internasional Wanita (GMIW) pada Desember 2008. Di usianya yang ke 23 tahun ini, sudah puluhan prestasi dan kejuaraan yang dia raih melalui ajang catur tingkat internasional.

Tahun 2014 adalah salah satu tahun terbaik bagi catur Indonesia, Irene Kharisma Sukandar berhasil meraih gelar IM (International Master) untuk putri. Tentunya gelar tersebut merupakan gelar pertama bagi pencatur putri Indonesia meraih norma IM. Berbagai prestasi yang telah Irene torehkan, seperti Juara 1 Australia WomenÕs Master Melbourne pada januari 2014, lalu Juara 1 Asian Continental Chess Championship di Sharia Ð Uni Emiret dan segudang prestasi lainnya.

 

3. Lisa Rumbewas

Dara cantik pemilik nama lengkap Raema Lisa Rumbewas lahir di Jayapura, 10 September 1980 adalah seorang atlet putri angkat besi asal Indonesia. Raema lahir dari keluarga atlet, ayahnya Levi Rumbewas pernah menjadi atlet binaraga terbaik di Indonesia. Sedangkan sang ibu, Ida Korwa juga seorang pengangkat besi. Keluarga Rumbewas bisa dibilang perintis angkat besi pertama di Papua.
Lisa, begitu panggilan akrabnya, berhasil mendapatkan medali perak pada Olimpiade Athena 2004 dalam kategori angkat besi putri untuk kelas 53 kg, Grup A. Selain itu, atlet Indonesia ini juga berhasil meraih medali serupa pada saat SEA Games XXI. Lisa kembali tampil di nomor 53 kg pada Olimpiade Beijing tahun 2008, namun kali ini ia harus puas hanya menempati posisi keempat. Total beban yang berhasil Lisa angkat pada Olimpiade Beijing adalah 206 kg.

 

4. Lindswell Kwok

Lindswell Kwok menjadi atleti putri ketiga yang mampu mengemas dua medali pada event ini setelah Chai Fang Ying (Malaysia) dan Ai Miyaoka (Jepang). Bahkan Lindswell adalah salah satu atlet wushu yang paling berbakat lho guys. Lindswell baru saja meraih dua medali emas dari cabang wushu nomor taijiquan dan taijijian pada SEA Games 2015 ini.

 

5. Tami Grende

Cewek asli Denpasar Bali ini nggak cuma cantik namun juga seorang atlet tenis yang namanya sudah menduduki peringkat 42 gelar petenis junior dunia. Meskipun belum mendapat juara saat maju di ajang Austalia Terbuka pada Januari 2015 lalu, namun prestasi Tami Grende yang sempat menjadi juara Wimbledon junior 2014 lalu.

Tami Grande dapat ucapan selamat dari seniornya yang pernah juga jadi juara level junior di Wimbledon yakni Angelique Widjaja. Setelah dapat sukses di Wimbledon, dia disarankan langsung terjun ke tenis profesional. Angie, begitu Angelique Widjaja akrab disapa, mengaku sangat bangga karena ada petenis Indonesia lain yang bisa juara di turnamen tersebut.

 

6.  Rosyita Eka Sari

Pemain bulu tangkis ganda putri muda ini juga menjadi salah satu contoh anak muda yang wajib menjadi pautan. Pasalnya, prestasinya sebagai pemain bulu tangkis kelas ganda putri telah menorehkan tinta emas untuk Indonesia. Pebulutangkis asal Sleman ini menjadi juara Vietnam Terbuka Grand Prix. Dia juga meraih tiga medali perak dari Kejuaraan Dunia Junior 2014 dan bersama pasangannya Della Destiara Haris masuk final pada German Open 2015 ini.

 

7.  Susi Susanti

Susi Susanti merupakan atlet bulu tangkis yang lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat pada tanggal 11 Februari 1971. Wanita bernama lengkap Lucia Francisca Susi Susanti ini menikah dengan Alan Budikusuma yang juga meraih medali emas bersamanya pada Olimpiade Barcelona tahun 1992. Selain itu ia juga pernah meraih medali perunggu di Olimpiade Atlanta tahun 1996.

Atas prestasinya, International Badminton Federation memberikan penghargaan Hall Of Fame kepada Susi Susanti. Selain Susi Susanti, atlet bulu tangkis Indonesia lainnya yang berhasil mendapat penghargaan Hall Of Fame adalah Dick Sudirman, Rudy hartono, Liem Swie King dan Christian Hadinata.

 

8.  Bellaetrix Manuputty

Atlet cantik Indonesia Bellaetrix Manuputty berhasil menarik perhatian penonton berkat prestasinya sebagai pebulu tangkis dan wajahnya yang cantik. Kabarnya atlet cantik ini pernah mendapatkan tawaran bermain film di Singapura. Namun tawaran ini terpaksa ia tolak karena Bella (sapaan akrabnya) mengaku ingin fokus menekuli karirnya sebagai atlet bulu tangkis profesional.

Pada kejuaraan SEA Games 2013 yang berlokasi di Myanmar, atlet cantik Indonesia ini sukses meraih emas di nomor tunggal putri mengalahkan pesaingnya Naypydaw asal Myanmar di final.

 

9.Yolla Yuliana

Yolla Yuliana merupakan atlet cantik Indonesia yang tergabung dalam Jakarta Electric PLN. Atlet cantik Indonesia kelahiran Bandung ini berhasil mendapatkan kemenangan pada ajang Pertamina Proliga 2015. Namun kesuksesan Yolla tidak sampai ajang SEA Games 2015. Pada ajang bergengsi ini, atlet cantik tersebut hanya dapat meraih medali perungu karena dikalahkan Thailand 1-3 saat semifinal

 

10. Ceyco Georgia Hutagalung

Ceyco Georgia Zefanya Hutagalung merupakan atlet karate cantik asal Indonesia yang berhasil tampil memukau dalam Kejuaraan Dunia Karate 2015 november lalu. Ini merupakan emas pertama yang diraih Ceyco pada kejuaraan dunia WKF. Atlet cantik kelahiran 24 Juni 1999 itu tidak menyangka bisa menjadi juara karena awalnya hanya menargetkan perungu.

Karena itu, ia merasa sangat senang karena targetnya berhasil terlampaui. Atlet cantik ini mengaku pertama kali mengenal karate dari tantenya yang merupakan mantan atlet karate. Ceyco sekarang menjadi siswi kelas II di SMA 39 Jakarta.

 

11. Maria Selena

Atlet cantik Indonesia ini sangat terkenal di kalangan pecinta bola basket dan masyarakat umum. Mantan putri Indonesia 2011 ini juga pernah berkiprah sebagai model. Namun baginya, basket merupakan hal terpenting dalam hidupnya. Ditengah kesibukannya sebagai seorang selebriti, atlet cantik ini mengaku masih sering mencuri-curi waktu untuk bermain basket. Bahkan saat ini Selena tercatat sebagai atlet cantik Indonesia yang bermain untuk tim basket Merah Putih Predators.

 

12. Dellie Threesyadinda

Atlet cantik Indonesia yang akrab disapa Dinda ini merupakan pemanah berbakat yang lahir dari keluarga pemanah. Darah pemanah ia wariskan dari sang ibu, Lilies Handayani yang pernah meraih medali perak pada Olimpiade Seoul tahun 1998.

Pada gelarang World Cup 2007 lalu, atlet cantik ini pernah menjadi rekan satu tim ibundanya. Pada SEA Games 2013 lalu, atlet cantik berusia 25 tahun ini sukses menggondol medali emas untuk Indonesia pada nomor compound putri. Tentunya kecantikan saja tidak cukup untuk berprestasi di lapangan. Kerja keras dan kemauan yang kuat menjadi kunci utama dalam keberhasilan mereka mengharumkan nama bangsa.

 

Dari banyaknya prestasi pemuda-pemudi Indonesia yang diperoleh oleh para atlet, ini membuktikan bahwa Indonesia adalah negara yang berprestasi. Bahkan Indonesia pernah mendapatkan julukan sebagai Macan Asia yang ditakuti oleh Negara-negara dunia, berkat prestasinya yang luar biasa.

 

 

 

 

Pin It on Pinterest

Share This