Select Page

Indonesia merupakan negara yang sangat istimewa dan hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyaknya suku bangsa yang tersebar di seluruh bangsa indonesia dan mereka bisa hidup berdampingan dengan aman dan nyaman. Jika berbicara mengenai suku bangsa, indonesia merupakan salah satu dari negara yang banyak memiliki suku bangsa. Mulai dari aceh sampai papua banyak sekali suku-suku di indonesia yang mana suku-suku tersebut juga termasuk dalam khasanah kekayaan bangsa indonesia. Selama ini, banyak dari kita yang hanya mengenal suku-suku besar saja di indonesia ini, seperti suku jawa, suku batak dan yang lain sebagainya. Diluar suku-suku tersebut, ternyata juga ada suku lainnya yang mungkin selama ini jauh dari pemberitaan. Hal tersebut disebabkan karena memang suku tersebut terletak di daerah yang cukup terasing. Apa saja suku terasing di indonesia? Simak penjelasannya sebagai berikut.

Suku kubu

Suku terasing di indonesia pertama yang bisa anda ketahui ialah suku kubu. Suku ini merupakan salah satu suku terasing yang berasal dari jambi. Jika berbicara mengenai provinsi jambi, memang provinsi ini merupakan salah satu provinsi di pulau sumatra yang mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam berbagai aspek. Namun demikian, jambi juga masih memiliki sebagian kecil masyarakat atau suku yang hidup di tengah hutan belantara dan nama dari suku tersebut ialah suku kubu yang mana suku tersebut merupakan suku anak dalam yang bisa dikatakan sebagai salah satu suku yang paling terasing di indonesia.

Seperti halnya suku-suku terasing yang ditemukan di indonesia, suku kubu ini juga mempunyai pola hidup yang masih sangat tradisional. Salah satu pola hidup tradisional mereka ialah mereka masih berpindah-pindah atau nomaden dalam menjalani kehidupan mereka. Mereka masih belum bisa menerima untuk hidup atau menetap ke dalam suatu daerah. Selain itu, jika berbicara mengenai kepercayaan, suku kubu ini juga masih memiliki kepercayaan seperti animism dan dinamisme. Ada yang menyebutkan bahwa suku kubu ini masih menyembah para dewa dan juga para leluhur mereka.

Suku mentawai

Suku terasing selanjutnya yang bisa anda ketahui ialah suku mentawai. Yuph, suku ini merupakan salah satu suku yang berasal dari sesuai dengan namanya yakni daerah mentawai. Jika kita berbicara mengenai kepulauan mentawai, maka kepulauan tersebut terdiri dari beberapa pulau dan diantaranya ialah pulau pagai selatan, pagai utara, sipora, dan siberut. Jika berbicara mengenai garis keturunan orang-orang pada suku mentawai ini, banyak yang mengatakan bahwa mereka berasal dari garis keturunan polinesia. Suku ini seperti halnya dengan suku terasing yang lain, mereka memiliki pola hidup yang masih sederhana. Mereka masih mengandalkan alam dalam menopang hidup mereka dan tentunya hampir semua orang-orangnya juga belum tersentuh dengan yang namanya teknologi komunikasi.

Suku polahi

Suku terasing di indonesia yang bisa anda ketahui selanjutnya ialah suku polahi. Yuph, suku polahi ini merupakan salah satu suku terasing yang bisa anda temui di provinsi gorontalo. Salah satu hal yang banyak dikenal oleh masyarakat umum terhadap suku ini ialah bahwa suku ini dikenal memiliki ada istiadat dan juga kebudayaan yang cukup unik jika dibandingkan dengan suku yang lain. Suku ini memang suku yang cukup ekslusif mengingat bahwa suku ini masih tetap mengisolasikan diri mereka dari kehidupan luar. Mereka hampir tidak berani untuk meninggalkan hutan dan memilih untuk bertahan hidup di tengah hutan belantara.

Pin It on Pinterest

Share This