Select Page

Danau menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia. Selain karena keindahan alam yang disuguhkan, danau juga bisa dijadikan tempat untuk melepas penat dari hiruk piruk aktivitas di perkotaan.

Ada banyak sekali danau yang terbentuk secara alami dan memiliki daya tarik tersendiri. Berbeda dengan sungai dan laut, ketenangan air di danau seakan menghinoptis seseorang untuk mengunjunginya. Liputan6.com merangkum enam danau terindah di Indonesia yang dilansir dari berbagai sumber, Kamis, 1 Agustus 2019.

1. Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia, bahkan mancanegara. Danau yang memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km ini terletak di Bukit Barisan, Sumatera Barat. Danau terbentuk secara alami, yakni dari letusan gunung berapi.

Danau Toba memiliki air yang jernih dan biru lengkap yang dikelilingi pepohonan hijau di sekitar danau, Suasanya sejuk dan asri. Anda juga bisa menikmati matahari terbenam yang indah dari tepi Danau Toba.

Di tengah-tengah danau terdapat Pulau Samosir. Pulau tersebut masih sangat asri dan kental akan budaya tradisional. Pulau yang memiliki luas hampir sama seperti Singapura ini, juga menjadi destinasi untuk belajar sejarah, seperti kuburan batu dan desa tradisional.

2. Danau Sentani, Papua


Selanjutnya ada Danau Sentani yang tak kalah indah dari danau lainnya. Berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops, danau ini memiliki luas sekitar 9.360 hektare dan berada di ketinggian 75 mdpl.

Danau Sentani memiliki sumber daya alam yang sangat kaya. Ada berbagai spesies ikan air tawar yang hidup di dalam danau ini. Beberapa di antaranya menjadi spesies endemik Sentani.

Selain menawarkan keberagaman alaman, danau yang berada di wilayah Jayapura ini juga memiliki bukit yang indah bernama Bukit Teletubbies. Anda bisa menikmati keindahan bukit ini dengan naik ke Tugu MacArthur dan melihat panorama hijau pepohonan dari atas bukit.

Danau Sentani juga diapit oleh 22 pulau yang tersebar di sekitar danau. Pulau ini ada yang dijadikan sebagai destinasi wisata di Jayapura salah satunya yaitu Pulau Asei yang banyak dikunjungi wisatawan.

3. Danau Kelimutu, NTT

Danau Kelimutu menjadi salah satu destinasi incaran para pelancong di Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau yang terletak di Desa Koanara, Kecamatan Wolowaru ini memiliki ketinggian mencapai 1.639 mdpl dengan pesona alamnya yang menakjubkan.

Daya tarik utama danau adalah tiga warna berbeda yang dimilikinya, yaitu, biru, merah, dan putih. Warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Ketiga danau ini memiliki nama yang unik, seperti Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, Tiwu Ata Polo, dan Tiwu Ata Mbupu.

Karena keunikannya, Danau Kelimutu sangat ramai dikunjungi para wisatawan. Pengunjung biasanya mengabadikan momennya saat berada di ketiga danau yang memiliki luas berbeda tersebut dan menikmati keindahan alam yang sejuk dan asri.

4. Ranu Kumbolo, Jawa Timur

Ranu Kumbolo menjadi salah satu destinasi yang populer di kawasan Gunung Semeru. Berada di ketinggian 2.390 mdpl, danau air tawar tertinggi di Jawa Timur ini memiliki keindahan yang asri dan memukau mata lewat pemandangan matahari terbit dan terbenam.

Tak hanya itu, warna air danaunya yang biru serta kabut yang menyelimuti area sekitar bukit membuat tempat ini sangat memukau mata para pengunjungnya. Ranu Kumbolo juga menawarkan keindahan pepohonan hijau dari atas bukit.

Saat berada di Ranu Kombolo, jangan lewatkan untuk mampir ke Tanjakan Cinta. Tempat ini tak hanya menyajikan keindahan pepohonan, tetapi juga memiliki mitos bahwa yang berjalan menaiki bukit ini sambil memikirkan pasangannya tanpa menoleh ke belakang, akan memiliki kisah bahagia dengan pasangannya.

5. Danau Labuan Cermin, Kalimantan


Danau Labuan Cermin menjadi salah satu destinasi alam yang sangat menakjubkan. Danau yang berlokasi di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini memiliki air yang sangat jernih. Karena kejernihannya ini, biota laut yang di dasar danau bisa terlihat dengan jelas.

Sesuai dengan namanya, danau ini menawarkan air yang begitu bening sehingga Anda bisa bercermin di atas permukaan airnya. Ada keunikan tersendiri dari rasa airnya karena jika di permukaan danau rasa airnya tawar, sementara untuk air di bagian bawah Danau Labuan Cermin ini mempunyai rasa asin.

Pengunjung yang datang ke tempat ini bisa menikmati keindahan aneka biota danau dengan snorkeling. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa berenang di tempat ini sambil mengabadikan momen indahnya berada di salah satu danau yang eksotis.

BACA JUGA
13 Spot Wisata Menarik Yang Dimiliki Karimun Jawa Yang Wajib Dikunjungi
Dua Srikandi Taklukkan 7 Puncak Tertinggi Dunia, Ini Komentar Jokowi
Dimana Gunung Yang Cocok Untuk Pendaki Pemula di Indonesia?

6. Danau Batur, Bali

Terakhir yang juga tak kalah indah adalah Danau Batur di Bali. Memiliki pemandangan gunung yang memukau, danau yang berlokasi di Desa Penelokan Utara, Kintamani ini ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Saat berada di danau ini, pengunjung dapat mengabadikan momen indahnya matahari terbenam. Tak hanya itu, air danau yang tenang dan berwarna biru kehijau hijauan membuat wisatawan betah berlama-lama di tempat ini.

Jika Anda berkunjung ke Danau Batur Bali, jangan lewatkan untuk menikmati pemandangan dengan perahu yang telah disediakan. Selain itu Anda juga bisa menikmati panorama Gunung Batur lengkap dengan birunya awan yang memanjakan mata.

Sumber : liputan6.com

Pin It on Pinterest

Share This