Select Page

Indonesia merupakan negara agraris yang mempunyai banyak pesona alam yang menakjubkan. Setiap kota di Indonesia menyuguhkan pesona wisata alam dengan ciri khas sendiri – sendiri, salah satunya berada di kota Magelang Jawa tengah. Magelang merupakan kota yang cukup dikenal oleh para wisatawan, sebab panorama alam yang disuguhkan disana sangtalah menjanjikan mulai dari gunung, sungai bahkan pada wisata Curug atau air terjunnya. Untuk itu bagi kamu yang ingin berlibur nantinya, sangat direkomendasikan untuk menikmati wisata alam Magelang.

Nah sebagai referensi tempat – tempat wisatanya, berikut akan kita ulas tentang 6 Panorama Wisata Alam Magelang Paling Bersejarah. Langsung saja simak ulasannya :

Wisata Volcano Trekking

Wisata Volcano Trekking

Wisata alam Magelang menjanjikan pesona wisata yang sangat mengagumkan, salah satunya wisata Volcano Trekking. Kawasan wisata tersebut terletak di desa Kepuharjo serta Kinahrejo, yang merupakan area wisata yang dibuka pasca letusan Gunung Merapi pada tahun 2010. Salah satu tempat yang menarik disana, terdapat sebuah tempat bekas letusan gunung Merapi yang kini berubah menjadi museum. Beberpa musem yang menammpakkan sisa dari peninggalan bencana alam tersebut diantaranya : Kerangka kepala sapi, perabotan rumahtangga yang sudah meleleh, batu-batu besar, dll.

Sensasi yang luara biasa ketika kamu berkunjung kesana yaitu, seakan kita akan merasakan bagaimana dahsyatnya letusan Merapi tahun 2010 lalu. Bukan hanya itu saja yan ada di wisata Volcano Trekking, namun kamu juga akan bisa menikmati keindahan alam yang sangat subur serta pemandangan indah pohon – pohon tinggi yang menyejukkan udara disana.

Lereng Gunung Merbabu

Lereng Gunung Merbabu

Masih pada wisata pegunungan yaitu Lereng Gunung Merbabu. yang merupakan salah satu wisata alam Magelang yang cukup menarik untuk dikunjungi. Apa yang menarik di Lereg Gunung Merbabu tersebut ? salah satu yang menarik, disana terdapat wisata alam Gardu Pandang Ketep Pass yaitu sebuah tempat yang mempunyai ketinggian sekitar 1200 mdpl. Selain itu kamu juga bisa menyaksikan kemegahan Gunung Yang sangat fenomenal, yaitu Gunung Merapi, Merbabu dan dua Gunung kembar yaitu gunung Sindoro-gunung Sumbing.

Dengan pesona alam yang asri, disana merupakan tempat berteduh yang paling nyaman diwilayah wisata alam Magelang. Selain itu di Gardu Pandang Ketep Pass juga disediakan gazebo untuk tempat bersantai dengan kelauarga, teman ataupun pacar. Keunikan dari berwisata disini, kamu kan menemukan beberapa tempat menarik seperti  Museum vulkanik, Volcano Theater yang menayangkan tentang keganasan gunung Merapi.

Sungai Progo

Sungai Progo

Satu lagi wisata alam Magelang yang juga menyuguhkan pesona alam yang sangat indah, yaitu Sungai Progo. Sungai ini mengelilingi Hotel Puri Asri Magelang, yang dikenal dengan debit air dan jalurnya yang sangat bagus untuk kegiatan arum jeram atau rafting. Bagi kamu yang suka dengan olahraga pacu adrenalin, sangat pas sekali untuk berwisata disana. Airnya yang jernih dan tempatnya yang sangat asri akan membuat harimu semakin seru. Kamu juga akan melihat air terjun sepanjang sungai, dan bisa kamu nikmati sensasi air terjun yang dingin dan segar tersebut. Nah tunggu apalagi, atur jadwal liburan kamu bersama teman untuk berkunjung ke wisata Sungai Progo.

Air Terjun Kedung Kayang

kedung kayang

Masih seputaran wisata air, kali ini yang akan di ulas adalah wisata Air Terjun Kedung Kayang. Letak air terjun ini tidaklah jauh dari wisata Gardu Pandang Ketep Pass, yaitu berada di perbatasan dua Kabupaten yaitu di wilayah Desa Wonolelo, kecamatan Sawangan-Magelang dengan Desa Klakah, kecamatan Selo-Boyolali. Air terjun tersebut mempunyai ketinggian mencapai 40 meter, dengan aliran air yang sangat deras yang akan memberikan sensasi menyegarkan ketika berada disana. Pemandangan pegunungan yang asri juga menambah indahnya wisata Air Terjun Kedung Kayang tersebut. Wisata alam Magelang yang murah dan berkualitas tersebut juga tidaklah menguras kantong kok, hanya dengan mengeluarkan Rp. 2500 kamu sudah bisa menikmati keindahan air terjun tersebut.

Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit

Selanjutnya beranjak ke Air Terjun Sekar Langit yang terletak diwilayah barat Magelang, Jawa Tengah. Untuk lokasi tepatnya berada di kawasan kaki gunung Andong, Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Diketahui dari cerita yang diyakini secara turun – temurun oleh masyarakat setempat, bahwa air terjun sekar langitlah yang dulunya digunakan mandi oleh para bidadari cantik dalam cerita rakyat Joko Tarub yang terkenal itu. Banyak keindahan yang akan kamu temukan disana, pemandangan yang ada disekitar air terjun sangat alami dan asri, suara air yang gemercik terasa menenangkan apalagi ditambah rindangnya pohon yang menjadikan suasana semakin nyaman untuk berwisata.

Bukit Tidar Magelang

Bukit Tidar Magelang

Lelah dengan wisata air terjun, kini saatnya kita beranjak ke wilayah wisata perbukitan yaitu Bukit Tidar Magelang. Wisata ini menjanjikan kesejukan ditengh keramaian kota Magelang. Bukit ini merupakan sebuah wilyah lahan terbuka hijau yang bisa menyejukkan dan bisa memanjakan mata para wisatawan. Banyak sekali potensi wisata yang tersimpan di Bukit Tidar ini, slah satunya kamu bisa melihat pemandangan kota Magelang yang sangat indah dari bukit tersebut.

Pemandangan kota yang menakjubkan, serta pepohonan hijau dengan panorama alam yang sangat alami kan membuat kamu betah berlama – lama disana. Menariknya lagi ketika berkunjung ke wisata alam Magelang Bukit Tidar, datanglah bersama rombongan teman atau keluarga diajamin pasti seru deh.

Sumber: http://cekajah.com

Pin It on Pinterest

Share This