Select Page

Batu, potensi wisata yang dimiliki kota Batu yang secara administratif ditetapkan pada 6 Maret 1993 dan ditegaskan sebagai kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang pada 17 Oktober 2001.
Kota ini memiliki potensi keindahan alam tersendiri. Jadi, tidak salah kalau banyak tempat wisata di Batu yang khusus didirikan untuk keluarga.
Sebut saja Batu Secret Zoo, Batu Night Spectacular, Jatim Park 1 & 2 serta masih banyak lokasi menarik lainnya. Dengan alam keren yang berlanskap bukit serta keragaman flora dan fauna, banyak tempat wisata alam yang kemudian bermunculan dan dikelola secara swadaya oleh masyarakat lokal ataupun bekerja sama dengan pemerintah kota.
Tidak hanya itu, Batu juga memiliki wisata alam yang keren abis, cocok banget buat spot foto yang kece. Dimana aja? Yuk lihat daftarnya dibawah ini.

 

1. Coban Talun

 

         

Para Instagrammer wajib mengunjungi spot wisata alam di Batu yang satu ini. Banyak spot cantik, ngehits dan tidak bisa ditemukan di tempat lain yang bisa kalian ambil fotonya dan upload ke akun kalian. Misalnya di air terjunnya. Dijamin deh, foto kalian pasti banyak yang nge-like dan mereka bakal ngiri!
Posisinya hanya sekitar 3 km dari Selecta, tujuan wisata yang lebih dulu populer.  Menuju Coban Talun mudah dijangkau, dengan berkendaraan dari kota Batu hanya sekitar 10 menit. Coban Talun berlokasi di Desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, Kota Batu, pada koordinat -7.800929, 112.516631, pada ketinggian 1300 m.

Lokasi: Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Bumiaji,  Kota Batu, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 07.00-17.00
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

 

2. Paralayang Area

 

   

Paralayang Area merupakan spot foto yang asik banget loh. Tidak hanya itu kita juga dapat melihat indahnya kota Batu diatas ketinggin. Disana kita dapat bermain, permainan yang menantang missal terjun payung. Cocok banget dinikmati menjelang sore hari sembari melihat sunset dan malam hari untuk melihat bintang dan bulan. Tempatnya sweet banget loh!

Lokasi: Jl. Songgokerto, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 24 jam
Harga tiket: 5,000 IDR per orang, sementara untuk paket Paralayang mulai dari 350,000 IDR

 

3.Omah Kayu

 

    

Jika Anda ingin bersantai di tengah hutan pinus sekaligus menikmati kota Batu dari ketinggian? Omah Kayu adalah spot wisata alam di Batu yang paling tepat! Tempat ini merupakan penginapan yang dikonsep sebagai tree house dengan teras yang menghadap pemandangan kota Batu di antara pepohonan pinus. Tempat ini berdekatan langsung dengan Paralayang Area, cocok banget jika kalian ingin menikmati Kota Batu saat malam hari sembari beristirahat. Dan tempatnya itu epik untuk berfoto!

Lokasi: Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 09.00-17.00
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

 

4. Coban Putri

 

   

Destinasi wisata alam di Batu ini bisa dikatakan masih baru dan belum banyak yang mengetahui keindahannya. Selain air terjun yang sejuk dan indah, ada gardu pandang untuk kalian yang ingin menikmati keindahan alam perbukitan dan lembah di kota Batu. Cocok banget nih buat kalian yang suka main air dan mau fotonya keren abis!

Lokasi: Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 09.00-04.00
Harga tiket: 5,000 – 10,000 IDR

 

5. The Lodge Maribaya-nya kota Batu – Coban Rais

 

Jika kalian belum pernah berkunjung ke The Lodge Maribaya di Lembang, Bandung, kalian kini tidak perlu pergi ke ibu kota Jawa Barat tersebut dan cukup datang ke Coban Rais saja! Wahana wisata dan alamnya tidak kalah indah dengan yang ada di Bandung. Banyak spot berfoto yang Instagrammable juga lho!
Dimanakah Lokasi Coban Rais ? Lokasi Coban Rais atau Batu Flower Garden (BFG) terletak di di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Tempatnya berada kaki Gunung Panderman yang mempunyai ketinggian +1025 mdpl. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Batu atau sekitar 7km, dekat dengan Predator Fun Park. Kalau anda berwisata di Batu di Jatim Park, BNS, Museum Angkut sebaiknya sekalian saja mampir ke Coban Rais.
Jam Buka Coban Rais Batu adalah 07.30 WIB – 15.00 WIB.!

Lokasi: Jalur Lkr. Bar. No.8, Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
Harga tiket: 10.000 IDR per orang ( belum termasuk spot foto)
Harga tiket : masuk BFG (Batu Flower Garden) sebesar Rp 25.000 per orang sudah termasuk gratis berfoto di 2 spot yakni  i love you dan spot flower dimana anda  mendapat 1 file foto.
Foto spot lainnya adalah :
Ayunan ekstreme  Rp 10.000,-
Pinus Rp 10.000,-
Hammock Tower  Rp 15.000,-

 

6.  Goa Pinus Gunung Banyak

 

   

Wisata Goa Pinus Gunung Banyak merupakan salah satu tempat wisata yang memiliki spot foto yang epic. Pemandangan yang indah dan udarah yang sejuk membuat kita betah untuk berlama-lama disana.
Tidak hanya itu kita juga dapat memasuki Goana, dengan ketinggian Goa hanya 1 meter. Untuk kalian yang ingin masuk ke Goanya hati-hati ya guys agar tidak terbentur dengan langit-langit Goa.

Lokasi: Gg. Mbah Ba’i, Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 07.00-18.00
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

 

7. Berwisata ke negeri dongeng – Taman Langit

 

              

Taman langit merupakan salah satu tempat wisata yang berada didekat Paralayang. Spot foto yang disediakan seakan membuat kita berada dinegri dongeng. Dengan adanya spot foto macan bersayap, burung angsa, kreta kencana,dll. Tidak hanya itu di Taman Langit juga terdapat tempat makan yang asik buat nongkrong bareng teman atau keluarga. Disana menyediakan anekah kopi khas kota Batu dan aneka makanan ringan ataupun berat.

Lokasi: Jl. Gn. Banyak, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur
Jam buka: Setiap hari, 07.00-17.00
Harga tiket: 10,000 IDR per orang

Nah! Itu lah tempat wisata di Batu Malang yang mempunyai spot foto yang epic dan pastinya wjib untuk kalian kunjungi.

Pin It on Pinterest

Share This