Select Page

 Jombang merupakan salah satu kota yang berada di tengah Provinsi Jawa Timur. Tidak hanya itu Jombang merupakan kota yang berjulukan Kota Santri dikarenakan banyaknya pondok Santri dan Santriwati. Hal itu membuat kota Jombang menjadi cukup strategis untuk dikunjungi para wisatawan.   Selain itu Jombang juga mempunyai banyak tempat wisata, salah satunya wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut wisata wisata alam di Jombang yang wajib untuk kalian dikunjungi.

 

 

     1.Air Terjun Tretes

 Air terjun Tretes ini merupakan salah satu air terjun tertinggi di Jawa Timur dengan ketinggian mencapai 158 m. Saat sampai di sini, kamu akan disambut dengan suasana alam yang sejuk, asri dan hembusan angin yang membawah butiran air terjun yang jatuh.

Jalan pada lokasi Kabupaten Jombang, berbentuk jalan setapak yang melalui bukit serta sungai. Panjang jalan dari tempat parkir ke tempat ± 5 km. Perjalanannya tidak seberapa dibandingkan dengan keindahan alam yang akan kamu dapati saat perjalanan menuju air terjun dan saat sampai di lokasi. Untuk kamu yang suka dengan tantangan cocok banget untuk menaklukkan medan menuju Air Terjun Tretes.

 

 

 

Harga tiket : Rp 10.000 ( untuk anak-anak gratis)
Harga ojek : Rp 20.000 – 30.000
Jam oprasional : 08:00 s/d 17:00
Wisata air terjun Tretes bertempat di Pengajaran, Galengdowo, Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

 

 

2. Air Terjun Sanggar

Spot wisata Air Terjun Sanggar ini tidak hanya memiliki pemandangan yang menawan dan aliran airnya yang jernih serta menyegarkan, airnya dapat kamu minum langsung lho. Sekilas air terjun ini bebentuk cukup unik, yaitu menyerupai pocong.
Selain menikmati keunikan air terjun ini, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan seperti hunting spot foto kece sampai camping di sekitar area air terjun.

 

 

Harga tiket : Gratis
Jam oprasional : 07:00 s/d 17:00
Wisata air terjun Sanggar berlokasi di Dusun Sanggar, Desa Jarak, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang,                  Jawa Timur.

 

3. Air Terjun Grenjeng

Air terjun Grenjeng adalah salah satu spot wisata alam cocok buat kamu yang ingin ngadem dan menenangkan pikiran karena suasananya yang hijau nan asri. Meskipun harus berjalan kaki selama 20 menit untuk mencapai lokasinya.
Ketinggian air terjun ini hanya berkisar 8 meter, namun sensasi alam yang menyejukkan dan percikan air segar sangat terasa disini. Kamu juga dapat berenang dan menikmati segarnya air terjun yang indah.

 

Harga tiket : Gratis
Jam oprasional : 07:00 s/d 17:00
Air terjun ini bertempat di Desa Jenisgelaran, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

 

 

4. Kedung Cinet

Kedung Cinet adalah salah satu wisata alam yang sangat terkenal di Jombang dan dianggap sebagai Grand Canyon nya Jawa Timur karena bentuknya yang hampir mirip dengan Grand Canyon yang berada di Arizona, Amerika Serikat. Wisata alam ini berbentuk kombinasi tebing bebatuan kapur yang dialiri air berwarna hijau.
Meskipun akses jalan menuju lokasi cukup menantang, namun keindahan Kedung Cinet ini akan membuatmu melupakan susahnya perjalanan menuju lokasi. Saat yang tepat untuk datang diwisata ini adalah saat musim kemarau. Dikarenakan batunya tidak licin dan aliran air tidak terlalu deras.Tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu yang suka hunting foto dan selfie yang  instagramable.

 

 

Harga tiket : Gratis
Jam oprasional : 07:00 s/d 17:00
Kedung cinet berlokasi di Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur

 

 

5. Kedung Sewu

Selain kedung cinet, Jombang juga memiliki kedung sewu yang unik dan eksotis dengan rangkaian cekungan kecil berisi air serta nampak aliran sungai panjang yang berkelok-kelok. Karena banyaknya kedung di sini, maka dinamakan kedung sewu.
Kedung-kedung ini telah mengalami proses alami selama ribuan atau jutaan tahun lamanya, sampai tercipta puluhan cekungan yang berisi air sungai. Meskipun kamu tidak dapat berenang di sini, kamu tetap bisa berendam atau mandi.

 

 

 

 

Harga tiket : Gratis
Jam oprasional : 07:00 s/d 17:00
Kedung sewu bertempat di Desa Tanjung Wadung, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

 

 

6. Wana Wisata Sumberboto

Sumberboto merupakan tempat yang cocok banget buat camping bersama keluarga. Tidak hanya itu Sumberboto juga sering dibuat para Mahasiswa atau siswa/I untuk diklat. Nuansa alam yang disajikan cukup asri dan sangat menarik.
Tidak hanya tempat wisata alamnya saja. Disini kita juga dapat menikmati wahana lain seperti area bermain anak, kolam renang dan tempat makan.

 

 

Harga tiket : Rp 10.000
Jam oprasional : 07:00 s/d 17:00
Sumberboto, Jombang

 

 

7.Goa Jepang Alas Gedangan

Objek wisata yang terletak di kawasan perbukitan Alas Gedangan Mojoagung Jombang tersebut tergolong masih baru dan alami. Destinasi wisata alam yang dikenal dengan Goa Jepang ini baru di buka, Tepatnya pada bulan maret 2017 kemarin. Meski tergolong baru, Goa Jepang ini sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun dari luar jombang.
Disana terdapat spot foto yang cukup menarik dan keren banget.   Tidak hanya itu pemandangan yang indah dn udara yang sejuk menambah keasrian dari tepat wisata satu ini. Untuk alternative kesana anda bisa menggunakan GPS.

 

Harga tiket : Rp 5.000
Parkir : Rp 2.000 Sepeda motor, Rp 5.000 Mobil
Jam oprasional : 07:00 s/d 18:30
Goa Jepang Alas Gedangan bertempat di Mojoagung Jombang

Nah itulah 7 tempat wisata yang keren abis dan cocok banget buat spot foto yang kekinian banget. Semoga bermanfaat.

Pin It on Pinterest

Share This