Select Page

Surabaya merupakan salah satu kota yang terpadat di Indonesia selain Jakarta. Dibalik itu Surabaya ,merupakan kota yang mempunyai sejuta pesona yang menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya wisata modern yang instagramable saja yang menjadi incaran para pelancong, tempat-tempat religius dengan arsitektur yang mempesona juga banyak terdapat di Surabaya.

Dari sekian banyak tempat yang ada, berikut tujuh tempat wisata religi yang bisa bikin liburan dan hatimu jadi adem.

 

1. Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria

Yang pertama ialah Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria atau yang juga dikenal dengan nama Gereja Kepanjen. Gereja ini merupakan Gereja tertua yang ada di Surabaya. Meskipun pernah terbakar pada tahun 1945 akibat pertempuran Surabaya, namun keindahan arsitektur gereja tidak berubah setelah direnovasi pada tahun 1950. Tidak hanya arsitektur yang menarik, interior yang ada didalam gereja juga memiliki ciri khas tersendiri.
Gereja ini terletak di Jalan Kepanjen, bangunan religius ini berdampingan dengan gedung SMA Katolik Frateran Surabaya. jika kalian ingin ke Gereja ini kalian bisa naik transpotasi umum, karena Gereja ini berada di pusat kota dan mudah untuk dicari.Tidak hanya untuk berdoa, gereja ini juga dapat dijadikan spot foto yang instagramable banget loh.

 

2. Pagoda Tian Ti

Destinasi kedua adalah Pagoda Tian Ti yang terletak di kawasan Kenjeran Park atau Kenpark. Namanya Tian Ti memiliki arti “Langit-Bumi” atau dapat juga disebut Sky World. Destinasi ini merupakan duplikat pagoda serupa di Beijing, Tiongkok. Untuk bisa berfoto ala China, berkunjung saja ke Pagoda Tian Ti ini.
Sebelum Pagoda Tian Ti ini dibangun, kawasan Pantai Kenjeran masih sangat sepi pengunjung. Berbeda sekali dengan sekarang yang sudah ramai. Karena arsitektur bangunan yang bagus dan menarik, pagoda Tian Ti juga merupakan tempat berfoto yang instagramable banget. Yuk kalo jalan-jalan ke Surabaya jangan sampai gak mampir ke tempat satu ini.

Buat kalian yang ingin ke Pagoda Tian Ti kalian cukup membayar tiket 15.000/2 orang sudah termasuk tiket parkir satu motor ya. Tempat wisata satu ini dekat dengan Kenjeran dan berada dalam lingkup Kenjeran Park (KenPark). Tidak hanya itu tempat ini juga mudah diakses melaui Mpas atau GPS ya, mudah banget loh.

 

3. Pura Agung Jagat Karana

Destinasi ketiga adalah Pura Agung Jagat Karana yang bernuansa seperti Bali. Untuk kamu yang berada di Surabaya dan kangen dengan nuansa Bali, wajib mampir ke Pura Agung Jagat Karana. Pura yang berlokasi di Jl. Ikan Lumba-Lumba No. 1 ini memiliki bangunan yang megah nan kokoh. Juga terdapat upacara rutin yang semakin membuat pengunjung merasa sedang di Bali.
Pura Agung Jagat Karana Surabaya ini tak hanya menjadi tempat beribadah umat Hindu di Surabaya, tapi juga menjadi destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh pelancong. Tidak hanya sekedar mengunjungi saja pelancong juga dapat beribadha di Pura ini dan berfoto.  Adem deh kalo kesana!

 

4. Kawasan Ampel

Destinasi yang keempat adalah Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel yang bernuansa ala Timur Tengah. Nama Kawasan Sunan Ampel karena terdapat makam Sunan Ampel didalamnya. Berada di jalan KH Mas Mansyur Kelurahan Ampel, Semampir, Surabaya, Jawa Timur Biasanya pelancong datang untuk berziarah ke makam.
Tidak hanya itu pelancong juga bisa membeli oleh-oleh khas yang ada disana seperti makan, baju, sampai parfum.

Selain berzirah, pelancong juga dapat melakukan ibadha di Masjid Sunan Ampel. Diarea masjid terdapat sebuah sumur tua yang di yakini sebagai sumur bertua sebagai penguat janji atau sumpah bagi yang meyakininya.
Di area masjid tersebut terdapat Makam Sunan Ampel yang memiliki nama masa kecil bernama Raden Rahmat, anak dari Makhdum Ibrahim (putra Haji Bong Tak Keng), keturunan suku Hui dari Yunnan yang merupakan percampuran bangsa Han/Tionghoa dengan bangsa Arab dan Asia Tengah (Samarkand/Asmarakandi). Sunan Ampel lahir tahun 1401 dan wafat di tahun 1481.

Biasanya Kawasan Religi Sunan Ampel ini ramai dikunjungi pengunjung saat Hari Kamis dan hari-hari peringatan agama Islam lain. Tidak hanya itu pada saat Ramadhan pun kawasan ini juga ramai dikunjungi pelancong untuk mengisi waktu ngabuburit  menunggu waktu buka puasa. Bisa juga untuk membeli takjil atau makanan untuk berbuka dan buah yang di Sunahkan oleh Nabi yaitu buah Kurma.

 

5. Klenteng Sanggar Agung

Kelenteng Sanggar Agung atau Klenteng Hong San Tang merupakan sebuah klenteng di Kota Surabaya yang berada di Jalan Sukolilo Nomor 100, di kawasan Pantai Ria Kenjeran. Kuil ini, selain menjadi tempat ibadah bagi pemeluk Tridharma, juga menjadi tempat tujuan wisata bagi para wisatawan.
Klenteng ini merupakan salah satu destinasi favorit para pengunjung Kenjeran Park karena memiliki bangunan megah yang berbentuk keren. Dengan adanya dua patung naga menambah keagagahan bangunan.  Klenteng ini juga dapat menjadi sport foto yang indah dan keren. Tidak hanya itu para wisatawan juga dapat melihat indahnya hempasan laut dan sunset yang cantik.

 

6. Patung Budha Empat Wajah

Destinasi yang keenam adalah Patung Budha Empat Wajah atau Four Faces Buddha merupakan  destinasi wisata religi yang terletak di salah satu sudut Pantai Ria Kenjeran.Arsitektur yang sangat kental akan budaya Tailand ini merupakan replika dari Budha Catur Muka di Thailand.
Patung Budha Empat Wajah ini satu lokasi dengan Pagoda Tian Ti dan Klenteng Sanggar Agung.  Jadi untuk kalian yang rindu akan tailand gak perlu jauh-jauh kesana. Cukup datang aja ke kenjeran Park atau KenPark.

 

7. Masjid Al-Akbar

Dan destinasi yang terakhir adalah kebanggaan warga muslim di Surabaya, nih. Masjid Nasional Al Akbar atau bisa disebut Masjid Agung Surabaya merupakan masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal yang bertempat di Jakarta. Masjid ini memiliki kubah yang unik yaitu dengan struktur daun, dengan bangunan kombinasi antara warna biru dan hijau gelap yang memberikan kesan sejuk dan damai. Masjid ini memiliki bangunan utama dan dua bangunan lain yang dapat menembus langsung ke bangunan utama.

Masjid ini menjadi ikon lain dari Surabaya yang berhubungan dengan situs wisata religi. Masjid Agung Al-Akbar berdiri di lahan seluas 11,2 hektar dengan luas bangunan 28.509 meter persegi, panjang 147 meter, dan lebar 128 meter. Masjid ini memiliki dua lantai dan dilengkapi dengan lift dan menara. Para pengunjung yang datang ke masjid dapat juga menikmati pemandangan kota Surabaya, Sidoarjo dan Bangkalan dari atas menara yang memiliki tinggi 99 meter. Pengunjung bisa masuk ke menara hanya dengan Rp. 3000 per orang.
Secara keseluruhan, selain dari hal-hal komersial, masjid adalah tempat untuk beribadah dan menjadi rumah bagi mereka yang letih dan lelah, dan setiap orang bisa masuk kedalamnya.

Oky, itu dia ke tujuh tempat wisata religi yang indah dan keren di Surabaya, yang wajib dikunjungi.

 

 

 

 

 

Pin It on Pinterest

Share This