Select Page

Air Terjun Tumpak Sewu, Surga Tersembunyi Dari Lumajang. Assalamualaikum trip-er, Mari NGEtrip ke Lumajang gays untuk melanjutkan posting sebelumnya tentang wisata di Kota Lumajang. Seperti yang sudah saya jelaskan di potsing sebelumnya bahwa Iar Terjun Tumpak Sewu dan Air Terjun Goa Tetes merupakan dua dari beberapa destinasi wisata di Kota Lumajang yang wajib Anda kunjungi bila sedang ke Lumajang.

 air-terjun-coban-tumpak-sewu-lumajang
Foto By : Deni

Air Terjun Tumpak Sewu, ada juga yang menyebut Coban Sewu atau Grojogan Sewu secara administratif terletak di aliran sungai Glidih yang menjadi perbatasan kecamatan AmpelGading Malang dan kec. Pronojiwo Lumajang. Air Terjun Coban Sewu ini hampir mirip dengan Air Terjun Coban Pitu di Pujon Malang. Namun yang membedakan adalah jumlah sumber mata air di Air Terjun Tumpak Sewu ini jumlahnya lebih banyak, itu juga yang menjadi alasan kenapa air terjun ini dinamakan Coban Sewu karena jumlah sumber mata airnya yang sangat banyak.

 air-terjun-coban-tumpak-sewu-lumajang
Foto By : Deni

Rute untuk menuju Air Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu) ini dapat melalui Kota Malang – Jawa Timur yang kira-kira memerlukan waktu 2 jam 30 menit dari Kota Malang menuju Lumajang melalui Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo, kemudian setelah di tugu perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Malang sekitar 100 meter sebelum tugu tersebut ada gang turun pada kiri jalan jika kita dari arah Lumajang. Kemudian kita lurus saja sampai sungai, lalu motor diletakkan di gubuk penambang pasir. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri sungai sekitar 200 meter, baru setelah itu kita akan menemukan air terjun ini. Sama halnya seperti menuju lokasi Air Terjun Goa Tetes, rute menuju Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu) dapat dilalaui baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

 
Foto By : Deni

Medan menuju Air Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu) masih terbilang sulit dan terjal pasalnya wisata ini tergolong baru di Kab. Lumajang dan untuk wisatawan dimohon untuk berhati-hati dan menaati peraturan yang telah diterapkan oleh pengelola tempat wisata karena Air Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu) ini sudah memakan korban jiwa. Dahulu, sebelum wisata air terjun Tumpak Sewu dibuka, Goa Tetes merupakan satu-satunya destinasi wisata di lokasi ini.

 air-terjun-coban-tumpak-sewu-lumajang
Foto By : Deni

Pemandangan dari atas maupun dari bawah akan terlihat sama indahnya untuk memandangi Air Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu) ini. Namun yang perlu diperhatikan adalah, trip-er semua harus ekstra hati-hati bila ingin turun karena medannya sangat licin dan berbahaya, jangan memaksakan diri apabila kondisi cuaca sedang mendung atau sudah sore. Trip-er semua masih bisa menyaksikan pemandangan Air Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu) dari atas yang juga tidak kalah keren. Bener-bener seperti “Serpihan Surga” di bumi Lumajang.

 air-terjun-coban-tumpak-sewu-lumajang
Foto By : Deni
 air-terjun-coban-tumpak-sewu-lumajang
Foto By : Deni

Sekian NGEtrip kita kali ini ke Air Terjun Tumpak Sewu (Grojogan Sewu), Mari NGEtrip dan terus jaga keindahan alam dan wisata Indonesia.

Sumber: maringetrip.com

Pin It on Pinterest

Share This