Select Page

sobat, pernah mendengar Kabupaten Bandung Jawa Barat kah ? Pasti sobat sudah mendengar bahkan tidak asing lagi bukan. Bandung adalah salah satu Kota yang sangat bersih dan juga banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke Bandung, baik wisatawan lokal maupun asing. Di Bandung ini banyak sekali tempat wisata yang indah dan layak untuk dikunjungi, salah satunya adalah wisata danau Situ Patenggang. Danu ini letaknya di Bandung Selatan tepatnya yaitu di desa Ciwidey, Situ Patenggang ini berada di ketinggian 1600 meter dan dalam melakukan perjalanan sobat akan di suguhkan oleh keindahan kebun teh serta kenyamanan udara disekitar.

Untuk luas Danau Situ Patenggang sendiri adalah 45.000 hektar  guys, cuku luas sekali bukan sama hal nya seperti waduk. Dan di danau tersbut juga memiliki keindahan alam yaitu dengan adanya caga alam yang luasnya kurang lebih adalah 123.007,15 Hektar. Kenapa danau ini adalah salah satu wisata yang sering dikunjungi guys, karena sayang jika sobat yang telah berkunjung ke wisata Kawah Putih tidak mendatangi wisata danau situ patenggang. Di danau ini sobat akan menikmati ke ekotisan dan ke segaran alam yang sangat menyejukan hati sobat semua.

Hasil gambar untuk Danau Situ Patenggang

Jika kita bertanya kepada warga sekitar tentang sejarah danau tersebut adalah danau Situ Patenggang sebenarnya berasal dari bahasa sunda yang tadinya adalah Pateangan-teangan artinya yaitu “saling mencari”. Kenapa diartikan saling mencari ? sebenarnya kisahnya dulu yaitu cinta antara Putra Prabu dengan Putri Titisan Dewi. Yang dimaksud dari kisah cintanya adalah kisah cinta Ki Santang dengan Dewi Rengganis. Dahulunya mereka berdua saling mencari dan akhirnya bertemu di suatu tempat yang sekarang dinamakan dengan “Batu Cinta”, dan setelah bertemu sang Dewi pun meminta untuk dibuatkan Danau beserta Perahunya untuk berlayar bersama dengan Ki Santang.

Nah buat sobat  yang kebingungan apakah disana terdapat penginapan ataau tidak tentunya disana terdapat penginapan. Disana juga terdapat banyak sarana yang mencukupi seperti gazebo, toilet umum, dan juga parkiran yang sangat luas. Namun jika sobat tidak mendapatkan penginapan disana maka sobat TnT bisa menginap di dekat wisata Kawah Putih, karena akses untuk ke danau Situ Patenggan berdekatan dengan wisata Kawah Putih dan masih sejalur.

Hasil gambar untuk Danau Situ Patenggang

Bukan hanya penginapan saja yang ditawarkan diwisata tersebut, sobat bisa menukmati wisata situ patenggang dengan menyewa perahu, sepeda air. Untuk sepeda air jika sobat senang melakukan pertualangan diatas air dengan menggunakan sepeda. Dan untuk sobat  yang ingin berlayar bisa menyewa perahu seharga Rp. 150.000 dengan kelompok, namun untuk perorangannya pun bisa dengan harga Rp. 15.000 perorang.

Nah sobat bisa mengunjungi tempat tersebut dengan harga yang sangat murah sekali, untuk ticket karcisnya adalah Rp. 15.000 perongang dan untuk parkir motornya sobat dikenakan biaya Rp. 3.500 dan untuk mobil pribadi Rp. 11.000 namun untuk mobil pariwisata seperti travel serta Bus dikenakan tarif Rp. 22.000.

Cukup murah bukan sobat untuk berkunjung ke wisata danau situ patenggang Bandung ini, dan jangan lupa jika berada dikota Bandung untuk mengunjungi wisata kuliner dan wisata lainnya seperti pusat perbelanjaan oleh-oleh dan lain-lainnya. Sempatkanlah waktu luang anda ya sobat untuk berekreasi ke tempat-tempat wisata di Indonesia yang indah-indah.

Sumber: tipsntrip.com

Pin It on Pinterest

Share This