Select Page

Jawa Timur merupakan provinsi di indonesia yang memiliki luas 47.922 kilometer persegi dengan ibukota yang terkenal dengan sebutan kota phlawan yaitu Surabaya. Selain itu Jawa Timur juga terkenal akan destinasi wisata yang sangat beraga, dari panti, tamna hingga pendakian. Tentunya jika main-main di suatu daerah pastinya ingin seklai mencob kuliner khas daerah tersebut.

Jawa Timur memiliki banyak sekalimakanan khas dimasing-masing daerahnya. Selain itu maknannya memiliki cita rasa yang sangat khas sekali. Dengan bumbu repah-rempah yang menggundang selera orang yang lewat dan mencium baunya untuk menghampiri dan membelinya.

Apa saja sih makanan khas Jawa Timur?
Berikut ini akan saya tunjukkan macam-macam makanan khas Jawa Timur :

Soto Lamongan
Soto Lamongan

Soto Lamongan merupakan makanan khas daerah Lamongan. Soto yang satu ini memiliki rasa khas yang berbeda dengan soto lain. Dengan kuah yang berwarna kuning pekat serto ditambah koya yang terbuat dari bawang putih goreng dengan perasan jeruk nipis. Membuat soto satu ini disenangain banyak orang. 

Lebih nikmat lagi dimakan saat dalam keadaan hangat atau saat cuaca dingin. Tidak perlu ke Lamongan untuk menikmati Soto ini, karena bnayak derah di Jawa Timur yang menjual soto ini. 

Rujak Cingur

Makana khas yang satu memang unik karena terdapat bahan yang mungkin bisa membuat orang enggan untuk memakannya. Dikarenakan dalam rujak tersebut terdapat Cingur (Mulut Sapi).

Akan tetapi banyak sekali orang yang menyukainnya. Karena memiliki rasa khas dan cukup unik untuk dinikmai. Tahukah Anda, terdapat satu bumbu yang membuat rujak cingur semakin digemari, yakni perpaduan antara petis, cabe, gula merah plus kacang tanah yang telah digoreng. Makanan khas ini  berasal dari Surabaya. Selain Cingur ada juga yang menambahkannya dengan lidah sapi. penasaran dengan rasanya, yuk dicoba!

Rawon

Rawon merupakan makanan khas Pasuruan. Makanan khas yang satu ini memiliki warna coklat kehitam-hitaman dikarenakan kuahnya terbuat dari kluwek dan rempah-rempah lain yang dihaluskan.  Ditambah dengan campuran daging yang dipotong-potong dadu. Membuat rawon makin terlihat menggiurkan. 

Dulu rawon menggunakan daging kerbau, akan tetapi dengan berkembangnya zaman sekarang menggunakan daging sapi. Selain itu terdapat tambahan telur asin yang membuat rawon semakin lengkap. 

Gado-Gado

Gado-gado merupakan campuran sayur yang sudah dimasak lalu ditambahkan saus kacang diatasnya. Selain itu di dalam gado-gado juga ditambahkan kentang, telur dan selada yang menta.

Gado-gado juga dapat dinikmati dengan nasi. Namun umunya gado-gado disantap dengan lontong.

Pecel Semanggi

Pecel semanggi ini tidak jauh berbed dengan pecel pada umumnya. Dengan sayuran yang sudah dimasak dan di siram bumbu pecel. Akan tetapi yang membuat ya berbeda ada pda sayurannya. 

Sayura yang digunakan yaitu Semanggi. Semanggi merupakan tumbuhan paku air yang mudah ditemukan di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Tumbuhan ini juga berpotensi sebagai tumbuhan bioremediasi, karena mampu untuk menyerap logam berat cd dan pb. Tumbuhan ini banyak dimanfaatkan oleh penduduk asli Australia sebagai bahan makanan.

Lontong Balap

Lontong Blap merupakan makanan khas Surabaya. Lontong balap berisikan lontong yang diiris ditambah remasan lentho serta irisan tahu goreng dan kuah kecamba .

Konon katanya asal kata Lontong Balap karena penjual lontong berebut mencari pembeli dipinggir jalan.

 

Lontong kupang

Selain lontong balap Surabaya juga punya Lontong Kupang. Berbeda dengan kontong balap, lontong kupang disajikan dengan kuah kupang putih. yang dibawahnya diberi irisanlontong dan tahu.

Lontong Kupang biasanya dihidangkan dengan dipadukan bersama sate kerang dan minuman air kelapa muda yang segar. 

Nasi Krawu 

Nasi Krawu merupakan makanan khas daerah Gersik. Makanan ini disajikan dengn nasi hangat suwiran daging serta berbagai macam sambal. 

Makanan ini sangat khas akan pedasnya, karena memiliki bebrapa macam sambal. Lebih nikmti lagi adanya taburan serundeng. 

Nasi Tempong

Nasi Tempong adalah makanan khas Jawa Timur khususnya daerah Banyuwangi. Nasi tepong terdiri dari, sayuran rebus, tahu goreng, nasi panas, tempe goreng, ikan asin, dadar jagung, dan dilengkapi bersama sambal mentah yang super pedas.

Sambal inilah yang menjadi ciri khas dari sego tepong ini. Karena sambalnya yang super pedas, orang yang makan nasi tempong terasa di “tempong” atau di tampar.

Rujak Soto

Rujak Soto merupakan makanan khas daerah Banyuwangi. Mungkin anda merasa heran dengan kata rujak soto. 

Yap! Rujak Soto merupakan perpaduan nasi yang diberi bumbu rujak lalu disiram kuah soto. Jika penasaran dengan rasanya, anda dapat datang ke Banyuwangi. 

Pecel Rawon

Makanan yang atu ini juga termasuk makanan khas daerah Banyuwangi. Sesuai dengan namnaya pecel rawon. 

Pecel Rawon merupakan perpaduan antara pecel dan rawon. Dengan nasi pecel yang disiram kuah rawon. 

Pecel Madiun

Sama seperti namanaya, makanan yang satu ini berasal dari daerah Madiun. Tidak berbeda dengan pecel yang lainnya. Nasi yang diberi sayur sudah matang lalu disiram dengan bumbu pecel ditambah dengan rempeyek. Yang bikin unik adanya tambahan daun kemangi yang mentah. 

Nah itulah macam-macam makanan khas yang ada di Jawa Timur. Yuk! mari mencoba makanan kha Jawa Timur serta mengenalkannya. 

Pin It on Pinterest

Share This