Select Page

Banyuwangi, salah satu kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini menyimpan berbagai keindahan yang tak ada habisnya. Faktor wisata kian dikembangkan oleh pemerintah dengan dukungan masyarakat setempat. Pantai Pulau Merah, Teluk Hijau, Taman Nasional Baluran, dan Gunung Ijen adalah beberapa spot wisata di Banyuwangi yang banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tak hanya bisa menikmati panorama pantai dan pegunungan, hamparan sawah hijau nan luas juga akan memanjakan mata. Di kaki Gunung Ijen kamu bisa menemukan Taman Gandrung Terakota atau Terracotta Dancers di wilayah Jiwa Jawa Resort. Bukan cuma resor biasa, alam yang masih asri dan alami disuguhkan bagi pengunjung yang datang. Berikut ini beberapa fakta mengenai Taman Gandrung Terakota atau Terracotta Dancers yang estetik abis!

1. Diprakarsai oleh Sigit Pramono

Ratusan Patung di Tengah Sawah, Ini 6 Fakta Terracotta Dancers
IDN Times/YoshiNathania

Jiwa Jawa Resort diprakarsai oleh Sigit Pramono pertama kali di Probolinggo. Kemudian, ia membangun yang serupa namun dengan nuansa yang berbeda di Banyuwangi. Sigit Pramono dulunya pernah menjabat sebagai Direktur Utama Bank Nasional Indonesia (BNI) dan juga merupakan founder dari Jazz Gunung. Hingga kini ia tetap berkarya dan mendirikan Jiwa Jawa Resort di Ijen, Banyuwangi. Taman Gandrung Terakota atau Terracotta Dancers ini termasuk dalam lingkup Jiwa Jawa Resort di Banyuwangi.

2. Dibangun karena ajakan Bupati Banyuwangi, Azwar Anas

Ratusan Patung di Tengah Sawah, Ini 6 Fakta Terracotta Dancers
Dok. IDN Times

Sigit Pramono menceritakan bahwa berdirinya Jiwa Jawa Resort dan Taman Gandrung Terakota di Banyuwangi tersebut atas campur tangan Bupati Banyuwangi, Azwar Anas. Saat berada di acara Jazz Gunung Bromo, Azwar Anas menghampiri Sigit dan mengajaknya membangun yang serupa di Banyuwangi. Seminggu setelah pertemuan tersebut, Anas kembali menghubungi Sigit untuk kelanjutan pembangunan Jiwa Jawa Resort yang akhirnya berdiri di kaki Gunung Ijen.

3. Jauh dari perkotaan, namun dekat dengan alam

Ratusan Patung di Tengah Sawah, Ini 6 Fakta Terracotta Dancers
Dok. IDN Times

Taman Gandrung Terakota atau disebut juga Terracotta Dancers ini berada di kawasan persawahan kaki Gunung Ijen. Tepatnya termasuk dalam kawasan Jiwa Jawa Resort di Kecamatan Licin, Banyuwangi. Hamparan sawah yang hijau tetap dibiarkan tumbuh alami dan produktif seperti awal mulanya. Kalau mampir ke sana, kamu akan merasa begitu dekat dengan alam. Apalagi saat mendengar kicauan burung maupun jangkrik yang saling bersautan. Ratusan patung penari Gandrung dengan berbagai mimik wajah pun tersebar di berbagai spot persawahan. Keren abis!

Sumber: idntimes.com

Pin It on Pinterest

Share This