Select Page

Hello sobat. Di Indonesia ini banyak sekali beragam kebudayaan, dan hampir setiap daerah masing-masing memiliki budaya tersendiri. Salah satu dari budaya Indonesia yang di miliki adalah Wisata Budaya Candi Gatotkaca yang terletak di Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. Letak wisata tersebut tepatnya di daerah dataran tinggi Dieng dan letak candi ini terletak di sebelah barat Kompleks Pecandian Arjuna.

Untuk candi gatotkaca dan candi arjuna ini dihubungkan dengan menggunakan akses jalan setapak yang memiliki lebar jalan kurang lebih 1,5 meter, dan untuk perjalanannya pun sobat memerlukan ekstra stamina karena jalan tersebut menanjak. Namun dalam perjalanan terebut untuk bisa mencapai candi gatotkaca ini sobat bisa melewati jalan tersebut dengan panjang jalan kurang lebih yaitu 300 meter. Nama candi gatotkaca ini di berikan oleh masyarakat setempat dan mengambil nama dari tokoh wayang dalam cerita Mahabarata.

Di dataran tinggi Dieng ini banyak sekali wisata yang sobat wajib kunjungi, karena di tempat wisata ini menawarkkan keindahan dan kesejukan alamnya. Selain dengan keindahan alamnya tempat wisata ini juga menawarkan wisata seperti kawah, perbukitan dan salah satunya juga banyaknya wisata budaya candi tersebut. Di antaranya terdapat wisata budaya candi Bima, candi pandawa 5, candi dwarawati, dan juga yang akan kita bahas ini adalah kelompok candi gatotkaca.

Gambar terkait

Sebelum candi gatotkaca ini di kelompokan, awal mula candi ini terdiri dari 5 candi dan di antara candi tersebut adalah candi gatotkaca, candi nakula, candi sadewa, candi Setyaki, can gareng dan yang terakhir adalah candi petruk. Dan dari ke 5 candi tersebut jika sobat berkunjung ke wisata ini maka candi yang akan sobat dapat lihat hanyalah candi gatotkaca saja yang masih tetap berdiri kokoh. Namun untuk candi lainnya sobat hanya bisa melihat dan menukmati reruntuhan dari beberapa candi yang tadi kami sebutkan.

Untuk sejarah di bangunnya candi gatotkaca ini adalah pada saat Pemerintahan Ratu Siam. Jika sobat yang mengunjungi tempat wisata ini cobalah untuk melihat bukit di bawah candi gatotkaca ini, karena menurut sejarah dahulunya bukit di bawah candi gatotkaca ini terdapat telaga yang bernama adalah Telaga Balai Kambang. Namun untuk saat ini sobat yang mengunjungi tempat wisata budaya ini jika tidak menemukan telaga tersebut wajar saja, karena telaga yang sekarang sudah di tutupi dan ditumbuhi dengan tanaman rumput liar sehingga telaga tersebut tidak terlihat lagi.

Hasil gambar untuk candi gatotkaca

Candi gatotkaca ini memiliki ciri khas khusus di mana pada bangunan candi gatotkaca ini terdapat Batur candi dengan memiliki tinggi 1 meter dan di buat serta disusun dua dengan denah dasar yang berbentuk bujur sangkar. Untuk bagian pada setiap sisinya terdapat mmbagian yang menjorok keluar dan mempunyai bentuk rulung. Dan untuk pintu masuknya terdapat di sebelah barat dengan di hiasi pintu teresebut memakai kala makara khas yaitu mempunyai bentuk raksasa tanpa adanya rahang bawah.

Pintu candi gototkaca ini juga di lengkapi dengan bilik penampil sehingga membuat candi tersebut menjadi lebih istimewa. Namun untuk bisa mencapai ke pintu candi tersebut sobat kan terlebih dahulu menaiki anak tangga tersebut, dan untuk anak tangganya terbuat di batur dengan pelindung dalam bilik penampil. Dan jika sobat sudah samapai pada pintu candi tersebut sobat akan melihat adanya yoni serta tempat untuk menaruh lilin pada setiap sudutnya untuk menerangkan isi dalam candi tersebut.

Bagaimana sobat apakah sobat tertarik untuk mengunjungi wisata tersebut, jika ya maka datangkan langsung ke sana dan berbagi cerita dengan sobat yang belum mengunjungi tempat wisata tersebut. Demikianlah informasi tentang obyek wisata budaya candi gatotkaca di banjarnegara, ikuti terus informasi yang selalu kami bagikan setiap harinya tentang berwisata. Kami ucapkan terimakasih.

Sumber: tipsntrip.com

Pin It on Pinterest

Share This