Select Page

Goa Jomblang? Goa apalagi nih? apakah serupa dengan goa pindul yang populer bakal keindahannya, sungai bawah tanahnya, atau cave tubingnya? namun nyatanya Goa Jomblang ini mempunyai keindahannya sendiri lho. Serta BEDA dengan Goa pindul. Bila beberapa penelusur wisata Goa Jomblang Yogyakarta ini akan terasanya balik lagi ke zaman pra histori serta seperti di surga. Penasaran?

Goa Jomblang ini terdapat di Padukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul, 8 Km timur kota Wonosari atau sekitaran 50 km. samping tenggara Jogjakarta. Dari Jogja – Jalan Arah Wonosari Gunungkidul – Jalan menuju Semanu – ikuti arah papan panduan bertuliskan “Wisata Goa Kali Suci” – ikuti lagi papan panduan bertuliskan “Goa Jomblang” sampai menjumpai Resort Goa Jomblang. JIka beberapa penelusur memakai kendaraan umum, jadi dapat dari Terminal Bus Giwangan, Kota Jogja, anda dapat memakai bus jurusan Jogja-Wonosari. Lalu perjalanan dilanjutkan ke Simpang Lima Wonosari untuk temukan angkutan umum jurusan Wonosari-Semanu.

Goa Jomblang sendiri adalah gua vertikal yang bertipe collapse doline. Goa ini terbentuk akibat sistem geologi amblesnya tanah bersama vegetasi yang ada di atasnya ke basic bumi yang terwujud beberapa ribu th kemarin. Robohan ini membuat sinkhole atau sumuran yang dalam bhs Jawa di kenal dengan arti luweng. Tersebut yang bikin unik lantaran didalam goa ada luas mulut goa sekitaran 50 mtr. ini kerap dimaksud dengan nama Luweng Jomblang, serta berikut maksud paling utama dari Goa Jomblang ini. Petuangan menuju kedalaman perut bumi juga diawali dengan jalan meninggalkan basecamp menuju bibir gua yang telah disediakan menjadi lintasan. Terdapat banyak lintasan di Gua Jomblang dengan ketinggian bermacam mulai 40 sampai 80 mtr..

Hingga pertengahan dinding goa, sejauh mata melihat anda lihat perbukitan karst serta pohon jati yang meranggas, sedang di perut Goa Jomblang terhampar panorama hijaunya rimba yang begitu subur. Bermacam lumut, paku-pakuan, semak, sampai pohon-pohon besar tumbuh dengan rapat. Rimba dengan vegetasi yang jauh tidak sama dengan keadaan di waktu ini kerap di kenal dengan nama rimba purba. Sesudah di mulut goa, jadi bakal perjalanan dilanjutkan menuju Luweng Grubung dengan masuk satu mulut goa yang memiliki ukuran begitu besar. Jomblang serta Grubug ini dikaitkan dengan satu lorong selama 300 mtr.. Makin jauh jalan sinar makin pupus namun anda dapat lihat beragam bermacam ornament cantik yang menghiasi lorong ini dengan pertolongan senter serta penerangan dari guide penelusur gua. Disini bentuk dinding lorong goa seperti batu kristal, stalaktit, dan stalagmit yang indah. Tak berasa lama jalan terdengar nada gemuruh aliran sungai serta seberkas sinar jelas di dalam kegelapan.

Bila beberapa penelusur menginginkan ke Goa Jomblang Gunung Kidul ini waktu bakal memasukinnya dibutuhkan kekuatan tehnik tali tunggal atau single rope technique (SRT). Oleh lantaran tersebut, siapa saja yang akan caving di Jomblang harus memakai perlengkapan spesial yang sesuai sama standard kemanan caving di gua vertikal serta mesti didampingi oleh penelusur gua yang telah memiliki pengalaman. Saat yang begitu di anjurkan bila menginginkan ke nikmati keindahan Goa Jomblang serta Goa Grubug ini yaitu jam 10-12 siang. Di karenakan ketika tersebut matahari pas ada diatas kepala serta bikin pantulan sinar yang begitu indah.

Sumber: infobudayaindonesia.com

Pin It on Pinterest

Share This