Select Page

Jakarta memang merupakan sebuah kota metropolitan yang padat. Akan tetapi, di balik keramaian kehidupan perkotaan yang berjalan begitu cepat, Jakarta tetap memiliki beberapa titik menarik untuk dieksplorasi. Jika Anda lebih suka wisata alam, mungkin akan cukup sulit menemukan tempat wisata alam yang ada di sekitar Jakarta. Namun wisata danau di Jakarta bisa dijadikan alternatif yang menarik untuk sarana refreshing di akhir pekan. Berikut beberapa danau di Jakarta yang bisa dikunjungi.

1. Setu Babakan

Setu BabakanSetu Babakan merupakan sebuah danau yang sangat terkenal di Jakarta dan sekitarnya. Danau yang ini berada di kawasan Jagakarsa Jakarta Selatan. Posisinya yang sangat terjangkau ini menjadikan danau ini sering dikunjungi saat akhir pekan. Walau bukan termasuk salah satu Danau Terbaik di Indonesia, namun keberadaan Setu Babakan di Jakarta merupakan angin segar untuk alternatif wisata perkotaan.

Lokasi Setu Babakan ada di dekat perkampungan betawi. Untuk menikmati wisata yang sederhana di sana, sebenarnya ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Misalnya duduk di sekitar danau dan menikmati pemandangan yang ada, atau bahkan naik perahu bebek dan berkeliling danau.

Selain itu, karena dekat dengan perkampungan betawi, Anda mungkin bisa mencicipi makanan khas betawi di sekitar danau ini. Salah satu yang terkenal adalah makanan kerak telor. Setu Babakan sudah cukup lama bisa dijadikan alternatif wisata yang dekat dan cukup mewakili kegiatan wisata. Apalagi jika memang tidak memiliki waktu yang panjang untuk berlibur ke luar kota.

2. Danau UI Depok

Danau UI DepokWisata danau di Jakarta lainnya mungkin terdengar seperti bukan danau wisata. Namun dengan berkunjung ke danau ini Anda bisa sejenak melepaskan penat. Berkunjung saja ke Danau UI Depok.

Di UI Depok sendiri ada kurang lebih 6 jenis danau. Akan tetapi yang paling terkenal dan menjadi favorit adalah Danau Kenanga. Danau ini cukup sering dikunjungi, walaupun bukan hari libur. Lokasinya ada di dekat Gedung Rektorat Balairung, Masjid UI Depok, dan Perpustakaan UI.

Danau ini cukup luas dan memiliki area seluas 28.000 nerer oersegi. Banyak orang yang berwisata ke sana untuk piknik sambil menikmati keindahan danau. Apalagi tempat ini juga merupakan tempat yang terbilang sangat asri. Menghabiskan waktu bersama dengan piknik dan ngobrol akan memberikan kesan wisata yang singkat namun tetap menarik untuk dilakukan.

3. Situ Lembang

Situ LembangDanau yang satu ini berada di kawasan Menteng. Ya, danau ini ada di Taman Situ Lembang. Situ Lembang itu sendiri merupakan salah satu wisata danau di Jakarta yang cukup dikenal oleh masyarakat sekitar.

Hal menarik dari danau ini adalah pemandangan yang indah. Dan karena di sana ada bunga teratai, maka ketika bunga teratai bermekaran, pemandangan akan terlihat jauh lebih indah. Wisatawan atau pengunjung bisa melakukan banyak kegiatan di danau tersebut.

Banyak yang memancing di danau ini. Selain itu, bagi Anda yang tidak suka memancing, menikmati udara dan pemandangan sekitar danau sudah cukup memberikan kesan relaksasi di akhir pekan. Jika Anda mengajak buah hati, adik, atau anak lainnya, di sana juga ada playground sederhana yang bisa dimanfaatkan. Tempat ini walau sederhana bisa menjadi alternatif wisata singkat di Jakarta yang dekat dan terjangkau. Juga cocok untuk Tempat Wisata Anak Sekolah di Jakarta saat akhir pekan.

4. Danau Sunter

Danau SunterSelain Setu Babakan, di Jakarta Selatan ada lagi sebuah wisata danau di Jakarta yang menarik untuk Anda kunjungi di akhir pekan. Namanya adalah Danau Sunter. Danau yang satu ini merupakan danau yang indah di Jakarta. Daripada Anda menghabiskan waktu liburan hanya dengan mengunjungi Mall di Jakarta Selatan, tentu mengunjung danau ini bisa dijadikan alternatif yang lebih menarik.

Untuk menikmati kegiatan wisata di sana, ada banyak alternatif yang bisa dilakukan. Kebanyakan orang mungkin akan menyewa perahu bebek dan berkeliling di danau tersebut. Namun selain itu, pengunjung juga bisa memancing untuk mendapatkan ikan air tawar. Pengunjung juga bisa bersantai sambil makan-makan, juga bisa berolahraga di sekitar danau.

Danau Sunter ini memang dikelola dengan baik. Bahkan danau ini akan dibersihkan secara berkala. Tujuannya adalah untuk membuat danau bersih dan wisatawan tetap merasakan nyaman saat menikmati liburan singkat di sana.

5. Waduk Ria Rio

Waduk Ria RioWaduk Ria Rio merupakan salah satu waduk yang baru-baru ini dipercantik oleh pemerintah daerah setempat. Sehingga saat ini waduk Ria Rio menjadi waduk yang cocok untuk Tempat Bernuansa Alam di Jakarta, terutama saat akhir pekan.

Waduk ini memiliki area seluas kurang lebih 26 hektar. Di sekitarnya saat ini sudah ada beberapa fasilitas yang menunjang peranannya sebagai tempat wisata. Seperti adanya taman, bangku taman, jalan yang baik, dan sebagainya.

Dengan adanya fasilitas tersebut, pengunjung akan merasa lebih nyaman. sehingga diharapkan Waduk Ria Rio bisa menjadi alternatif wisata danau yang menarik di Jakarta. Apalagi pemandangan sekitar danau tersebut juga bisa memberikan kenyamanan dan ketenangan.

6. Waduk Pluit

Waduk PluitWisata danau di Jakarta lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Waduk Pluit. Waduk yang satu ini dulunya adalah kawasan yang padat dan kumuh ikeh rumah-rumah liar. Akan tetapi, setelah dilakukan perbaikan dan pengalihan dungsi, waduk ini menjadi lebih cantik.

Setidaknya pada 2013 yang lalu waduk ini sudah bisa menjdai waduk pengendali banjir dan sebagai resapan air. Selain itu di sekitar waduk juga dibangun taman serta fasilitas lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk sarana rekreasi dan olahraga. Anda bisa melakukan jogging, bersepeda, atau hanya sekadar duduk-duduk di sekitar waduk tersebut.

Waduk ini sudah berhasil menjadikan kawasan sekitarnya lebih nyaman dan menjadi layak untuk dikunjungi. Jika Anda di akhir pekan tidak memiliki rencana khusus atau sedang bingung akan berwisata kemana, rekomendasi waduk ini bisa dijadikan alternatif.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai wisata danau di Jakarta yang perlu diketahui sebagai alternatif Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah. Waduk atau danau yang dijelaskan di atas bisa dijadikan alternatif wisata di akhir pekan terutama untuk Anda yang tidak suka ke luar kota. Entah untuk piknik, olahraga, atau hanya sekadar bersantai bersama keluarga. Semoga bermanfaat.

Sumber: tempatwisataunik.com

Pin It on Pinterest

Share This

SPONSORSHIP BENEFITS